News Hi-Technology

Senin, 17 Agustus 2009

Perbedaan Pemrogramman Prosedural dengan OOP

Banyak yang bertanya apakah perbedaan antara Prosedural dan OOP. Pertanyaan ini SALAH BESAR. Prosedural dan OOP bukan perbedaan. Tetapi:

1.1. Salah tentang Pemrogramman OOP

OOP melengkapi Prosedural. Dan Prosedural melengkapi teknik… yang well karena belum ada namanya, jadi kita sebut saja Flow Programming (FP). Salah satu ciri dari FP adalah code banyak dipenuhi dengan “Goto”. Perbedaan cara pandang antara yang memandang “OOP adalah sebuah teknik pemrograman yang berbeda dengan Prosedural” dan cara pandang bahwa “OOP melengkapi Prosedural” sangat vital, dan ini salah satu reason yang menghasilkan banyak code yang tidak berkualitas – hanya karena sekedar mau OOP “murni”.

Mengapa berpikir “melengkapi” dan berpikir “berbeda” bisa menimbulkan salah kaprah yang dahsyat?

  1. Dengan anggapan berbeda, maka orang menganggap Prosedural lebih baik daripada FP. Jadilah “Goto” menjadi kambing hitam, dan semua orang beramai-ramai menghindari “Goto”. Padalah “Goto” sangat baik untuk error-handling (tentu sebelum ada syntax Try-Catch-Finally). Dan saya yakin masih ada kegunaan “Goto”, kita hanya perlu open-mind.

  1. Dengan anggapan berbeda, maka orang menganggap cara berpikir OOP lebih baik dari Prosedural. Jadilah anggapan bahwa semua harus dibuat “Class”, “di-Inherit”, dan-lain-lain, sehingga code dipenuhi dengan class dan inheritance-nya yang sangat menggelikan. Menggelikan karena sudah pakai class dan inheritance yang sebanyak-banyaknya (di setiap jengkal code yang mungkin), tetapi code-nya tetap saja penuh bug dan susah dimengerti.

Kalau OOP dikatakan hanya melengkapi berarti tidak ada sebuah perbedaan. Sudah jelas jelas dari konsep OOP dengan Prosedural berbeda mengapa anda malah bisa mengatakan kalau OOP melengkapi, that's fine. Ya karena OOP sendiri lahir dari sulitnya pengembangan sebuah teknik pemrograman berbasis enterprise yang kalau hanya menggunakan konsep pemrograman Procedural. Nah kalau saya semisal mengatakan Prosedural sebenarnya tidak ada beda dengan pemrograman ASEMBLY hanya melengkapi, apakah bisa diterima ?? kalau di lihat dari kelahiran kan Prosedural lahir setelah Assembly, begitu pula OOP setelah Procedural, dan ujung ujung nya semua bahasa pemrograman akan diubah menjadi bahasa mesin atau compiler agar dapat dimengerti oleh komputer itu sendiri. Terakhir kalau hanya melengkapi tanpa ada sebuah penambahan sebuah konsep selayaknya wajar dikatakan melengkapi, tetapi kalau ada penambahan tetap saja dikatakan ada perbedaan. Mungkin kalimat melengkapi disini dapat saya setujui hanya pada konsep dasar saja, dimana logika Procedural dapat digunakan pada pemrograman OOP, kebalikannya tidak sehingga bisa dikatakan itu sebuah perbedaan. Ditelaah secara kalimat perbedaan antara OOP dengan Procedural adalah:

1. Procedural, teknik bagaimana kita melakukan pemecahan masalah berdasarkan proses kerja komputer

2. OOP, teknik bagaimana kita melakukan pemecahan masalah untuk nanti di olah oleh komputer

Artikel tentang Pengertian Pemrogramman OOP

thanks to : aonekintoun at netindonesia.net forums

Read rest of entry

Pengertian dan Contoh Pemrogramman PHP dengan OOP

1. Pengertian Object Oriented Programming (OOP)
Object Oriented Programming (OOP) adalah suatu metode pemrograman yang berbasiskan pada objek, secara singkat pengertian dari OOP adalah koleksi objek yang saling berinteraksi dan saling memberikan informasi satu dengan yang lainnya.

Dalam oop dikenal istilah Class, yaitu kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object.


Class memiliki anggota yang disebut Anggota Class (class member).
Anggota Class terdiri dari :
1. atribut
2. method.
Tiap anggota class memiliki kontrol pengaksesan tersendiri, artinya apakah anggota tersebut dapat diakses dengan bebas (tipe public) atau hanya dapat diakses melalui sebuah interface.
Contoh pembuatan class:

class BilanganRasional
{
public :
void assign (int,int);
void cetak();
private :
int pembilang, penyebut;
};

Perhatikan contoh di atas. Untuk mendefinisikan sebuah kelas, dipakai kata kunci class, diikuti dengan pendeklarasian nama kelas tersebut. Fungsi assign() dan cetak() disebut member function (member fungsi). Sedangkan variabel pembilang dan penyebut disebut member data (member data atau member variabel). Disebut member karena kesemuanya merupakan anggota dari kelas BilanganRasional.
Perhatikan kata kunci Public dan Private. Member functions pada contoh di atas dideklarasikan sebagai fungsi global, sedangkan member data dideklarasikan sebagai lokal. Perbedaannya, member global dapat diakses dari luar kelas, sedangkan member lokal hanya dapat diakses dari kelas itu sendiri.

Objek - membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer; objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek. Sebagai contoh membuat program multimedia berupa share video, objeknya berupa video yang mempunyai identitas berupa nama video, size video, format file dan jenis video. Untuk tingkah laku disebut sebagai methode.
• Obyek diciptakan dengan perintah new.
• Misal akan diciptakan obyek baru dari class mobil dengan nama mobilku
• Maka perintah penciptaan obyek mobilku dari class Mobil :
Mobil mobilku = new Mobil();

5. Ciri-ciri object !
• Obyek memiliki status (state) dan tingkah laku (behavior).
• Status (state) disebut juga dengan atribut.
• Contoh obyek : obyek mobil
– Atribut : merek, warna, bahan bakar.
– Method : pindah persnelling, kecepatan bertambah, dll.
• Pada OOP : status disimpan dalam variabel, dan tingkah laku disimpan dalam method.


Abstraksi - Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokuskan pada inti permasalahannya. Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari "pelaku" abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan. Proses, fungsi atau metode dapat juga dibuat abstrak, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan.

Enkapsulasi - Memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak. Hanya metode dalam objek tersebut yang diberi ijin untuk mengakses keadaannya.

Polimorfisme adalah metode tertentu yang berhubungan dengan sebuah pengiriman pesan yang menyesuaikan dengan objek tertentu di mana pesan tersebut dikirim. Contohnya, bila sebuah burung menerima pesan "gerak cepat", dia akan menggerakan sayapnya dan terbang. Bila seekor singa menerima pesan yang sama, dia akan menggerakkan kakinya dan berlari. Keduanya menjawab sebuah pesan yang sama, namun yang sesuai dengan kemampuan hewan tersebut. Ini disebut polimorfisme karena sebuah variabel tunggal dalam program dapat memegang berbagai jenis objek yang berbeda selagi program berjalan, dan teks program yang sama dapat memanggil beberapa metode yang berbeda di saat yang berbeda dalam pemanggilan yang sama. Hal ini berlawanan dengan bahasa fungsional yang mencapai polimorfisme melalui penggunaan fungsi kelas-pertama.

Baca Artikel : Perbedaan Object Oriented Programming (OOP) dengan Procedural Programmming

Read rest of entry

Minggu, 16 Agustus 2009

Free Google Adsense API

Seperti dilaporkan sebelumnya, AdSense API adalah layanan untuk masyarakat didorong-situs yang memungkinkan pengguna di situs mereka mengintegrasikan account AdSense dan mengaturnya. Menu ini berguna untuk jaringan sosial, blog atau web hosting penerbitan situs yang memiliki lebih dari 100.000 pengunjung per hari.

Yang diperoleh dari init:
* Menampilkan program iklan
* Menampilkan kotak pencarian
* Menambahkan arahan
* Filter iklan dengan URL tertentu
* Laporan earning pada account AdSense

Jadi, mereka akan dapat melakukan hal yang sama persis seperti Google AdSense situs.

AdSense API menggunakan SOAP, sehingga ada dukungan untuk berbagai bahasa pemrograman, termasuk PHP, Perl, Java, C #.

Google API baru ini akan meningkatkan pertumbuhan dan startups untuk banyak situs Web 2.0. Bayangkan Digg menggunakan AdSense API: situs akan menampilkan iklan di sebelah, Anda kirimkan artikel dan anda akan mendapatkan 50% dari pendapatan. Itu berarti user akan mengirimkan lebih baik dan sedikit artikel spam blog.
Read rest of entry

Free Script Google Search API with AJAX

Kini Sang penguassa dunia maya "Google" Telah mengembangkan Google AJAX Search API.
Hal ini memungkinkan anda untuk mendapatkan script searching google dan memasangnya pada website anda. Dengan script search engine dari google ini dapat menggabungkan dari beberapa sumber kedalam satu hasil pencarian dengan penataan sidebar yang indah dan menarik.
selain itu Anda juga dapat menyesuaikan kotak pencarian, source dan pencarian yang dipicu pada halaman. Pengguna situs dapat menggunakan hasil pencarian untuk menyisipkannya dalam komentar atau pengguna-konten yang dihasilkan.

Untuk saat ini Google AJAX Search API telah mendukung berbagai browser ternama seperti firefox, IE 6,opera, dan safari. Itu hanyalah pengembangan awal saja dari google searching. kemungkinan untuk pengembangan akhirnya akan menyertyakan iklan. Dan diperkirakan akan melampui sukses dari google map mashup

Belakangan ini google berusaha keras untuk mengeluarkan dan mempublikasikan dari seluruh isi websitenya. Saat ini google telah meluncurkan berbagai source APInya : GData, AdSense API, dan sekarang ini sangat kuat Search API.

Demo AJAX Google Search API
Download Google search API
Read rest of entry
 

Tips dan Trik Web Master Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal